Friday, March 8, 2013

Pengertian Disfungsi Ereksi


Disfungsi ereksi adalah salah satu jenis gangguan seksual yang umum dialami kaum pria. Gejala disfungsi ereksi ditandai dengan ketidakmampuan penis mengalami ereksi yang cukup keras untuk melakukan penetrasi ke dalam vagina, dan atau ketidakmampuan mempertahankan ereksi yang keras ketika bercinta. Jika anda mengalami kondisi tersebut terjadi secara konsisten selama tiga bulan berturut-turut dan telah menimbulkan ketidakpuasan atau konflik pribadi maupun bersama pasangan, maka anda sudah tergolong penderita disfungsi ereksi.

Dahulu para dokter dan terapis menyebut disfungsi ereksi dengan sebutan Impotensi dan penderitanya disebut impoten. Sekarang istilah tersebut tidak dipakai lagi dalam lingkup medis tapi masih akrab di bidang marketing farmasi. Dahulu orang beranggapan bahwa sebagian besar kasus disfungsi ereksi disebabkan oleh faktor psikis, tetapi belakangan ini banyak ahli yang melaporkan meningkatnya penyebab fisik disfungsi ereksi.

Agar dapat ereksi dengan keras, penis membutuhkan aliran darah yang lancar dari dan keluar dari penis. Apa-apa saja yang menghambat aliran darah tersebut akan menyebabkan penis sulit ereksi. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah berdampak langsung pada kualitas ereksi seperti jantung, hipertensi dan diabetes. Dalam kasus ini, peran dokter sangat besar untuk meminimalkan efek pengobatan yang diberi kepada pasien sehingga ereksi dapat tetap keras.

Fakto psikis juga berperan penting dalam menentukan kualitas ereksi penis sebab mempengaruhi secara langsung gairah dan sistem syaraf. Tanpa perintah dari syaraf atau dukungan dari hormon penis mustahil bisa ereksi. Padahal ada banyak sekali faktor psikis yang membuat orang berpikir negatif, ada juga rasa cemas dan takut gagal, atau perasaan tidak percaya diri, semuanya itu menghambat sistem tubuh memproduksi hormon yang berhubungan dengan seks.

Jadi kesimpulannya, pengertian disfungsi ereksi adalah sebuah gangguan seksual pada pria yang terjadi akibat adanya gangguan pada sistem tubuh, hormon atau syaraf yang membuat aliran darah tidak lancar menuju penis, menyebabkan ereksi tidak bisa terjadi.

No comments:

Post a Comment