Saturday, March 2, 2013

Penyebab Jumlah Sperma Rendah

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seorang pria tidak bisa membuahi wanita sampai terjadi kehamilan, salah satu diantaranya adalah jumlah sperma yang rendah atau tidak sesuai dengan standar normal. Berdasarkan prinsip kesuburan yang telah ditentukan oleh Badan Kesehatan Dunia yaitu WHO, untuk setiap satu mililiter air mani yang diejakulasikan seorang pria harus terdapat minimal 15 juta sel spermatozoa di dalamnya.

Sperma yang telalu rendah dalam air mani menyebabkan potensi terjadinya pembuahan juga kecil. Meskipun demikian potensi untuk terjadi pembuahan tetap ada. Beberapa pria dengan jumlah sperma sedikit tetap bisa menghamili wanita dan mendapatkan anak yang sehat.

Apa-apa saja yang membuat sperma jadi rendah?

Di kutip dari seksualitas.net, setidaknya terdapat tiga faktor utama mengapa sperma jadi rendah. Jumlah sperma yang dikeluarkan pada ejakulasi pertama dan kedua dan seterusnya tentu berbeda. Ejakulasi pertama akan lebih banyak dan sehat, sementara ejakulasi kedua umumnya sperma belum masak dan jumlahnya lebih sedikit.

Faktor kesehatan berperan penting dalam menentukan kualitas sperma. Fisik yang sakit seperti diabetes atau hipertensi akan mengganggu fungsi tubuh terutama hormon yang memproduksi sperma. Saluran sperma yang rusak juga berpotensi mengganggu produksi sperma.

Selain kesehatan fisik, faktor lingkungan tempat tinggal dan tempat bekerja juga berpengaruh terhadap fungsi kesuburan. Bekerja yang terlalu sering duduk akan membuat testis menjadi panas membuat sperma yang dihasilkan rendah. Begitu juga jika bekerja di tempat yang memungkinkan terkena paparan radiasi sinar x atau bahan kimia seperti pestisida.

Dan terakhir, faktor gaya hidup juga berperan menyebabkan jumlah sperma yang dihasilkan rendah atau tidak berkualitas. Jenis makanan yang dikonsumsi, gizi dan takaran. Terlalu sering makan junk food dalam jangka waktu yang lama akan mempengaruhi jumlah sperma yang dihasilkan. Biasanya berpengaruh pada gerakan (motilitas) dan jumlah sperma.

Hindari minum alkohol dan merokok karena zat beracun di dalamnya secara langsung membunuh sperma atau menghambat produksi sperma yang sehat.

Demikian tiga faktor penyebab jumlah sperma sedikit yang perlu diperhatikan dan diketahui. Untuk mendapatkan sperma berkualitas anda harus memiliki kualitas kesehatan yang baik pula sebab di dalam diri yang sehat maka terdapat sperma yang sehat pula.

No comments:

Post a Comment